Visi:
Menjadi Program Pendidikan Profesi Keinsinyuran yang Terpercaya dan Unggul dengan menghasilkan lulusan Insinyur yang kompeten dan berintegritas serta berorientasi membangun dan melayani Indonesia

Misi:
Misi Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Bina Nusantara adalah:

  • Membina kompetensi professional Binusian dengan memenuhi dan mengacu pada undang-undang keinsinyuran yang berlaku.
  • Membangun dan meningkatkan kualitas riset dan pengembangan berbasis kebutuhan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia
  • Meningkatkan profesionalitas Binusian dengan menjalin kerjasama dan bersinergi dengan Lembaga, institusi dan asosiasi bidang keinsinyuran untuk pengembangan dan penerapan ilmu rekayasa yang adaptif dan dinamis.

Tujuan:
Tujuan Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Bina Nusantara adalah:

  1. Mempersiapkan para peserta didik untuk memiliki perencanaan keteknikan, pengetahuan rekayasa dan keterampilan teknis yang solid dalam peningkatan kompetensi menyelesaikan masalah keinsinyuran.
  2. Mempersiapkan para peserta didik untuk mampu membuat keputusan termasuk melaksanakan penelitian berdasarkan standar profesi keteknikan demi kebermanfaatan bagi perusahaan dan masyarakat.
  3. Membekali peserta didik untuk terus melakukan pengembangan diri dengan update pengetahuan teknologi yang efektif yang dibutuhkan dalam memberi nilai tambah dalam setiap praktik keinsinyuran.

Sasaran:
Terdapat 6 sasaran mutu PSPPI yang telah ditetapkan untuk periode 2021-2025, yaitu:

  1. All program graduates have professional certification for Engineers (Ir.) and are registered to the Indonesia Professional Association of Engineers (PII).
  2. All active students have experience in disseminating articles as the output of engineering practice reports.
  3. All PSPPI Faculty Members are able to produce at least 1 international scopus publication in a year.
  4. Intellectual property rights have been registered at least 12 HKI till 2025.
  5. Academic satisfaction index reaches 80%.
  6. The satisfaction index of engineers’ service users reaches 80%.